e enjte, 14 qershor 2007

KULINER ......................... YUK.....................

Surabaya kota tempo dulu yang berubah jadi kota metropolitan. Meski banyak perubahan tapi Surabaya tetaplah Surabaya. Selain industri yana menjadi andalan kota pahlawan ini wisata kuliner juga memberi kontribusi besar bagi perekonomian Surabaya. Makanan khas Surabaya tak lenggan dimakan oleh waktu tetap terus menjadi andalan kota ini. Arek-arek soeroboyo tetap suka dan tak'an melupakan makanan dari generasi sebelumnya.


Beberapa tempat kuliner yang jadi andalan Surabaya :

1. RUJAK CINGUR
Penyuka pedas pasti suka denagn makanan ini. Makanan yang banyak disukai arek-arek Surabaya. Makanan ini banyak dijumpai di seluruh kawasan kota ini.

2. SEMANGGI di daerah Wonokromo
Makanan yang bagi orang luar begitu aneh sebab bahan makanan ini berasal dari rerumputan tambak yang disebut semanggi. Namun, rasanya tidak seperti orang banyak bayangkan selama ini. Ditambah samabal ketela dilengkapi krupuk puli ( krupuk yang terbuat dari nasi ) menjadikan makan ini pantas diacungi jempol.

3. RAWON SETAN di Jl. Embong Malang

Masakan ini sangat terkenal di seluruh penjuru Soeroboyo. Keunikan namanya membuat orang tertarik dan tak akan melupakannya. Keunikannya rawon ini lebih pekat sayangnya warung ini baru dibuka pukul 11 malam. Itu sebabnya lebih dikenal denagn nama rawon setan. Jadi jiak anda ingin mencicipinya harus sabar.

4. LONTONG BALAP di Wonokromo
Makanan yang muncul di Wonokromo ini sangat pas dan harus dicicipi. Sayuran taoge dan lontong plus sambal petes menjadikan makanan ini andalan Surabaya.

5. LONTONG KUPANG di kawasan kenjeran

Makanan yang banyak dijumpai di kejeran. Makanan yang berisi lontong dan kupang _ jenis kerang kecil) plus sate kerang menambah kenikmatan makanan ini.

6. SATE LALER di Jl. Kupang

Jangn pernah berpikir kalau makan ini dari laler. Makanan ini sama denagn sate2 yang lain tapi yang jadi keunikannya ukuran dagingnya yang begitu kecil seperti ukuran laler jadi sate ini disebut sate laler.

7. KIA-KIA PECINAN di Kembang Jepun
Tempat pertama kali penduduk cina tinggal di Surabaya tempat ini terus berkembang dan jadi pusat jajanan chinese di Surabaya. Tempat ini buka mulai 7 malam. Malam hari begitu ramai penuh makanan yang tersedia. Jadi jika anda penyuka makanan chinese datang saja ke kia-kia.

8. PASAR BLAURAN
Tempat pusat jajanan pasar tradisional di Surabaya. Harga jajananpun murah meriah dan anda bisa memilih kue/ jajanan yang anda suka di sana. Bukanya pagi hari dan datanglah kesana kalau anda penyuka atau hanay sekedar ingin mencicipi jajanan pasar.

Tempat -tempat inilah yang selama ini menjadi pasar wisatawan kuliner di Surabaya.









Jangan pernah melupakan makanan ynag sudah diturunkan dari generasi sebelummu



Emërtimet:

1 komente:

Blogger cherrychoco tha...

hai lumayan tuh untuk dimakan gimana yahhhh mungkin enaka untuk dimakan

12 gusht 2007 në 6:43 e paradites  

Posto një koment

Abonohu në Posto komente [Atom]

<< Faqja e parë